Home / Carita Desa / GERECEP Desa Ciasmara : BKD Ciasmara Siap Terima Arahan Taman Nasional Gunung Salak Halimun

GERECEP Desa Ciasmara : BKD Ciasmara Siap Terima Arahan Taman Nasional Gunung Salak Halimun

CaritakenWeh.Com – Pemerintah Republik Indonesia melalu kementrian dalam negeri mengintruksikan bentuk kerjasama desa melalui Permendagri Nomor 96 Tahun 2017 tentang tata cara kerjasama desa dalam bidang pemerintahan. Desa CIasmara mealui musyawarah desa akhirnya membentuk Badan Kerjasama Desa pada tanggal 8 Januari 2021 yang di isi oleh 7 ( Tujuh ) orang personil untuk segera melaksanakan kegiata kerjasama antar desa dalam upaya peningkatan sumberdaya alam yang ada di desa ciasmara.


Dalam sambutana kepaa desa ciasmara Bapak Junedi menyampaikan bahwa “ Dengan terbentuknya BKD ini di harapkan agar secepat mungkin membuat inovasi bidang kerjasama desa dalam membantu percepatan ekonomi masyarakat dan memaksimalkan potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang ada “, pungkasnya.


Perlu di ketahui bahwa BKD atau Badan Kerjasama Desa adalah sebuah lembaga yang di bentuk berdasarkan musyawarah desa dan bekerja berdasarkan prinsip kepentingan dalam memajukan desa dan mengembangkan potensi desa dengan pihak desa lain atau pihak ketiga di luar pemerintahan dengan tetap mengacu kepada Permendagri Nomor 96 2017.
BKD Ciasmara sesuai dengan intruksi pemerintah desa melalui kepala desa langsung bergerak dan membahas tahap awal kegiatan kerjasama antar desa yang langsung mengundang pengurus BKD Desa Purwabakti untuk membentuk persiapan atau pra pembentukan BKAD guna mengupayakan bentuk sebuah kerjasama desa wilayah masing-masing yang memiliki potensi alam meningkatkan perekonomian desa.


Kerjasama awal yang akan di bentuk bersama dalam kepengurusan BKAD dua desa ini adalah terkait pemanfaatan zona atau kawasan Taman Nasional Gunung salak yang ada di desa masing masing yang dirasa sampai detik ini masih memerlukan banyak arahan dan pembinaan dari pihak Taman Nasional Gunung Salak terkait bentuk kerjasama yang dapat di kerjasamakan melalui BKAD dalam menjaga dan menghijaukan Hutan dan zona zona lain selain dari pada zona pemanfaatan. Mengingat hal tersebut menjadi sebuah kepentingan yang harus di segerakan maka pada hari rabu tanggal 19 Januari 2021 melalui surat undangan secara resmi, pemerintahan Desa Purwabakti mengudang jajaran pemerintah Desa Ciasmara mulai dari Kepala Desa , BPD, LPM, MUI, SEKDES, BKD, Pengurus Taman Nasional dan tokoh masyarakat lainya untuk segera menindaklanjuti hasil pra pembentukan BKAD serta menjalin kerjasama yang baik dengan mengedepankan asas kekeluargaan sesuai dengan perundang undangan yang berlaku.
Ketua BPD Ibu Maryam yang bertindak selaku moderator menyampaikan bahwa “Dengan adanya hasil pra pembentukan BKAD sebelumnya berharap ada kemesraan atau kesamaan yang terbangun dalam melaksanakan kerjasama antar desa kedepanya di bidang apapun yang bertujuan untuk memajukan desa kita bersama sama “ , ungkapnya.


Hadir pula dalam kesempatan tersebut pengurus dari Taman Nasional Gunung Salak Bapa Iwan yang dalam sambutanya mengatakan bahwa “Dengan adanya silaturahmi dan adanya lembaga BKD serta BKAD kedepan nanti , pelestarian hutan akan lebih terjaga dengan mudah dan tertib, hanya saya titip agar semua yang hadir dapat memahami tentang tata kelola dan peraturan yang diberlakukan oleh Taman Nasional Gunung Salak sehingga kita tidak ragu dan tidak salah dalam melaksanakan tugas dan fungsi kita dalam melestarikan dan menghijaukan huta kita berama”, lanjutnya. (/Rdw)

About Jurdes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*