Home / Carita Desa / Inovasi di Tengah Pandemi : Dari Hobi Bikin Hoki
Komunitas Saung Pintar

Inovasi di Tengah Pandemi : Dari Hobi Bikin Hoki

CariakenWeh.Com – Segala cara di coba untuk bisa bertahan di tengah pandemi covid 19 yang melanda negeri kita tercinta Indonesia. Hampir semua sektor bahkan virus corona yang sangat mematikan ini mampu melumpuhkan roda perekonomian negeri ini. Pemerintah dengan segala upaya menguatkan rakyatnya agar tetap bertahan dengan mengeluarkan beberapa program dan kebijakan untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi.

Namun upaya pemerntah tersebut hingga saat ini belum mampu menunjukan penurunan sebaran virsus covid19 yang signifikan, bahkan yang ada adalah menimbulkan dan memunculkan aktor baru di balik raibnya uang miliaran rupiah bantuan sosial masyarakat, dimana pemerintah gencar mensosialisasikan gerakan 3M , namun yang ada Mentri yang di tugasi atas nama rakyat gencar melakukan gerakan 17M.

Tapi bukan Indonesia namanya kalau dinamika itu hilang karena masyarakat dan pemangku kebijakan memang selalu melihat dan membuat keputusan secara politis sehingga menjadikan sesuatu yang baik menjadi samar.

Salah satu yang terbaik saat ini adalah bantuam UMKM yang di luncurkan pemerintah walaupun memang pelaku UMKM saat ini belum terbina dengan baik dan bahkan sebagian hanya sebagai objek kegiatan tertentu saja untuk pencapaian nilai tertentu yang jauh dari nilai pemberdayaan yang sebenarnya.

Baca Juga Berita Tentang :
Industri Kreatif : I-UKM Nafas Baru di Tengan Pandemi Covid-19

Atas dasar itulah Komunitas Saung Pintar dengan inovasinya yang selalu menekankan untuk Creative Collaboration menoba memunculkan bakat dan kemampuan warga desa dibidang Teknologi , salah satuya adalah bapak Ade atau biasa di sapa Ade Piting. Walau tak mendapatkan bantuan UMKM beliau menyatakan ” Tak masalah selama masih bisa untuk melaksanakan kegiatan usahanya dengan baik.” pungkasnya.

Malam Minggu ( 19/12/2020 ) menjadi titik awal dirinya mencoba mempelajari dan membuat perubahan beberapa part pada sebuah alat yang biasa di sebut CPU ( Central Processing Unit ) yang di kembangkan Komunitas Saung Pintar untuk kebutuhan Fuel Dispenser. Beliau mengatakan kepada pemilik Komunitas pada saat di temui di bengkelnya bahwa ” Insyalloh kita coba bersama sama karena ini baru pertama kali dan kalau bisa menjadi sebuah produk unggulan kenapa tidak kita coba bersama sama “, lanjutnya.

Jika ini terjadi dan dapat terlaksana dengan baik maka akan di pastikan minimal 40 unit CPU dalam 10 hari sudah siap di kerjasamakan dengan Central Produsen Fuel Dispenser terbesar di Indonesia . (/Jrd)

About Jurdes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*