Home / #covid19 / PPKM di Perpanjang Pengusaha di Bikin Pusing , Masyarakat Ikut Pusing
PPKM di Perpanjang
PPKM Di Perpanjang

PPKM di Perpanjang Pengusaha di Bikin Pusing , Masyarakat Ikut Pusing

CaritakenWeh.Com – Enggak bisa dibayangkan para pengusaha akan pusing tujuh keliling memikirkan untuk bisa bertahan. Bagi pengusaha ini sudah masuk kategori darurat juga. Karena cash flow makin sekarat, sedangkan peluang mendapatkan omzet dan profit tidak pasti,” ucapnya. Sarman lebih lanjut mengatakan, pengusaha akan sangat resah, gelisah memikirkan bagaimana nasib usahanya ke depan jika penularan COVID-19 makin berkepanjangan.

Pengusaha dihadapkan pada kondisi tidak memiliki pilihan lain, selain mendukung kebijakan tersebut, untuk mengendalikan dan menekan penyebaran COVID-19, yang saat ini angkanya masih tinggi dan mengkawatirkan. “Jika PPKM Darurat ini benar benar diperpanjang, akan menjadi dilematis bagi pengusaha, khsususnya UMKM. Ada yang mampu bertahan dengan cash flow yang sudah sangat menipis. Ada kemungkinan melakukan rasionalisasi dengan PHK dan merumahkan karyawan, bahkan paling ekstrem menutup usaha.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang memprediksi akan banyak pengusaha berada dalam kondisi sekarat jika kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diperpanjang. Sarman menyebut kemungkinan PPKM Darurat diperpanjang sebelumnya disampaikan Menteri Keuangan pada rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR di Jakarta, Senin (12/7) kemarin.

Sarman menyebut kebijakan memperpanjang PPKM Darurat akan menambah beban arus kas pengusaha yang harus mengeluarkan biaya operasional, sementara di sisi lain pemasukan tidak ada.

Menurutnya, pemerintah penting untuk segera melakukan evaluasi dan memonitor implementasi berbagai kebijakan stimulus, relaksasi, insentif, keringanan pajak dan kebijakan lain yang semuanya untuk mengurangi beban pengusaha, agar mampu bertahan. “Jika COVID-19 ini masih berkepanjangan dan tidak ada kepastian tentu pelan pelan dan pasti tinggal menunggu waktu akan lebih banyak pengusaha yang akan tumbang, khususnya pelaku UMKM yang sangat rentan dengan kondisi ini,” pungkas Sarman.

Sumber Berita : JPNN

About Jurdes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*