Home / ekonomi / Apa saja Manfaat Bergabung dengan Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Apa saja Manfaat Bergabung dengan Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Caritakenweh.Com – Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) merupakan jenis dana pensiun yang ada di Indonesia , berdasarkan undang-undang No.11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah  Dana Pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.

Jika kita terdaftar sebagai peserta DPLK maka kepesertaanya adalah program pension iuran pasti ( defined contribution ) . Dimana produk ini di jual oleh bank  atau perusahaan asuransi jiwa, jadi secara umum DPLK itu mirip dengan program pemerintah yang di kolal oleh BPJS Ketenaga kerjaan dalam program atau produk Jaminan Hari Tua ( JHT ), dimana gaji atau pendapatan dari gaji kita akan di potong oleh perusahaan dan di kelola oleh perusahaan penyelenggara DPLK dengan tujuan untuk mempersiapkan dana hari tua atau yang biasa di sebut dana pensiun . Hanya saja untuk program DPLK ini bersifat sukarela dan tidak wajib sehingga kita bebas untuk menentukan besaran iuran kepesertaan dan yang lainya. Berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan yang sifatnya wajib di laksanakan sesuai dengan ketentuan dan perundang undangan yang berlaku .

Kalau seperti itu keadaanya lalu bagaimana dengan nasib kepesertaan kita dalam BPJS Ketenagakerjaan, kenapa harus ikut DPLK toh dengan BPJS Ketenagakerjaan pun sudah cukup toh ? . Betul memang , kalau kita melihat ukuran cukup nya yah pasti cukup, namun DPLK ini sebenarnya merupakan instrument pelengkap dalam menentukan kebutuhan hari tua kita, sehingga kita dapat mengetahui berapa sebenarnya yang bisa didapat ketika kita memenuhi syarat untuk dana pension tersebut ( DPLK )

Apa saja Manfaat kalau kita ikut Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)?

Ada dua sisi yang akan mendapatkan manfaat dalam program ini , yaitu manfaat untuk karywannya dan manfaat untuk perusahaan

  1. Manfaat Untuk Karyawan
  2. Karyawan akan memiliki bekal hari tua ( pension )
  3. Mengurangi pajak penghasilan ( PPh21 )
  4. Berbagi iuran dengan pemberi kerja
  5. Investasinya bebas pajak
  6. Manfaat programnya pasti di bayarkan
  7. Manfaat Untuk Perusahaan
  8. Perusahaan tidak akan di pusingkan dengan pengelolaan dan peserta DPLK untuk karyawan nya.
  9. Bisa mengurangi pajak penghasilan badan ( PPh25 )
  10. Iuran kepesertaanya dapat di sesuaikan dengan kondisi perusahaan
  11. Bisa digunakan sebagai salah kegiatan dalam rangka pemberian penghargaan atau loyalitas dan kinerja karyawanya

Dasar hukum yang di gunakan : “Undang-Undang no 36 tahun 2008, tentang Perubahan keempat atas Undang-Undang nomor 7 tahun 1983 tentang pajak penghasilan (pasal 21)”.

 

Syarat Menjadi Peserta DPLK

Syarat untuk menjadi anggota DPLK sebenarnya tidak ada dasar keharusan yang baku jadi siapapun baik itu perorangan, karyawan, wiraswasta, professional dapat menjadi peserta DPLK apabila memiliki penghasilan atau pendapatan.

Program pension ini pun sebenarnya dapat langsung  dibeli oleh sebuah perusahaan. Sebagai contoh jika perusahaan dimana  Anda bekerja  tidak ingin ribet dengan pengurusan  dana pensiun untuk karyawannya, maka perusahaan Anda bisa mendaftarkan karyawannya untuk program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Dan jika hal tersebut terjadi di perusahaan dimana Anda bekerja , maka Anda akan menjadi  peserta pemberi kerja.

Lalu bagaimana kita sebagai karyawan dapat menjadi menjadi peserta program DPLK ?, sama saja ketika kita akan membuka tabungan ya itu mendatangi perusahaan penyelenggara Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), mengisi formulir pendaftaran peserta lengkap dengan semua dokumen yang di butuhkan, menandatangani dokumen terkait. Setelah itu untuk mengaktifkanya maka harus membayar iuran pertama atau mengalihkan dana . Setelah itu bukti kita sudah menjadi peserta program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) maka kita sebagai karyawan berhak mendapatkan kartu tanda peserta dan laporan saldo dana peserta karena dana iuran kepesertaan akan di potong dari gaji karyawan dan di cantumkan dalam slip gaji yang di terima setiap bulan.

Di Indonesia sendiri perusahaan DPLK, menetapkan seseorang mulai menjadi peserta, sejak diterbitkannya kartu peserta dan akan berakhir apabila manfaat pensiun sudah jatuh tempo atau berpindah pada perusahaan lain.(/jrd)

 

About Jurdes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*